Hai Bro tentunya kamu kamu semua pernah ngalamin bunyi decit pada saat ngerem motor kamu yah
Bunyi ini bisa jadi karena kampas rem sudah aus atau barangkali karena kotor saja, apalagi jika musim hujan kayak sekarang ini.
Nah sesekali bisa deh mencoba sendiri menge cek kondisi kampas rem itu Bro. Seperti tip yang dibagikan oleh Bro Dedy Wardana Salatiga berikut ini Bro.
Caranya, siapkan dulu peralatannya Bro antara lain :
- Kunci L bintang ukuran 8 / T50
- Amplas
- Kuas atau sikat kawat
- Tang lancip
- Kunci T ukuran 8 / 10
Langkah -l angkahnya :
- Ambil kunci L bintang dan kunci T, langkah pertama melepas kedua baut kembang di kaliper pakai kunci L kembang jika keras dibantu dengan memasukkan kunci T
- Putar arah kiri untuk mengendorkan kedua baut…
- Jika kedua baut sudah kendor selanjutnya lepas bautnya,
- Setelah baut terlepas tarik kaliper kearah belakang untuk melepaskan dari piringan.
- Kaliper sudah terlepas.
- Kemudian lepas klip tuas pengunci kampas remnya
Langkah berikutnya :
Kampas
rem belum bisa dilepas karena ada tuas penguncinya. Lakukan hal berikut :
- Ambil tang lancip, lepas kedua klipnya dengan ditarik.
- Setelah kedua klip sudah dilepas lanjut lepas tuas pengunci kampas remnya.
- Kampas sudah bisa dilepas
Selanjutnya
cek kondisi ketebalan kampas rem jika ketebalan menyisakan kira-kira 1mm
saja maka ganti baru dan jika masih tebal cukup dibersihkan dengan
cara diamplas sampai kelihatan bersih permukaan kampas remnya.
Jangan
lupa bersihkan juga bagian dalam kaliper, cukup bersihkan dengan
kuas sampai bersih agar kampas rem tidak cepat bunyi lagi dan
piringan juga awet.
Jika sudah bersih selanjutnya proses pemasangan
kembali.
- Pasangkan kedua kampas rem di kaliper.
- Selanjutnya pasangkan tuas pengunci kampas rem.
- Pasang kedua klip di tuas pengunci kampas rem.
- Kampas rem dan klip sudah terpasang, kaliper siap dipasang ke kaki sokbreker.
Jika
kaliper sudah terpasang lanjut pasang kedua baut kembang kemudian
kencangkan kedua bautnya kearah kanan jika kurang yakin bisa
dikencangkan kembali dengan cara kunci L bintang disambung dengan
kunci T agar torsi pengencangan jadi lebih besar.
Jika semua sudah
kencang, tarik-tarik tuas rem di kaliper sampai terasa padat. Nah mudah kan Bro..O iya ini ada info juga terkait soal pengereman motor ada produk yang sangat rekomended dari TDR.
Disc
Rotor TDR dipadukan dengan Brake Hose dari TDR Parts akan
memaksimalkan pengereman motor kamu Bro
Dengan Multilayered Hose
Technology membuat Brake Hose tidak mengembang saat dilakukan rem,
menghasilkan pengereman yang lebih efektif.
Ditunjang dengan Disc
Rotor dengan material khusus mampu membuang panas lebih cepat untuk
pengereman maksimal dengan pattern yang lebih baik, untuk tampilan
sporty.
No comments:
Post a Comment