CARA MUDAH ATASI REM BERDECIT


Hai Bro tentunya kamu kamu semua pernah ngalamin bunyi decit pada saat ngerem motor kamu yah

Bunyi ini bisa jadi karena kampas rem sudah aus atau barangkali karena kotor saja, apalagi jika musim hujan kayak sekarang ini.

Nah sesekali bisa deh mencoba sendiri menge cek kondisi kampas rem itu Bro. Seperti tip yang dibagikan oleh Bro Dedy Wardana Salatiga berikut ini Bro.

Caranya, siapkan dulu peralatannya Bro antara lain :
  • Kunci L bintang ukuran 8 / T50
  • Amplas
  • Kuas atau sikat kawat
  • Tang lancip
  • Kunci T ukuran 8 / 10
Langkah -l angkahnya :
  • Ambil kunci L bintang dan kunci T, langkah pertama melepas kedua baut kembang di kaliper pakai kunci L kembang jika keras dibantu dengan memasukkan kunci T 
  •  Putar arah kiri untuk mengendorkan kedua baut…
  • Jika kedua baut sudah kendor selanjutnya lepas bautnya,
  • Setelah baut terlepas tarik kaliper kearah belakang untuk melepaskan dari piringan.
  • Kaliper sudah terlepas.
  • Kemudian lepas klip tuas pengunci kampas remnya
Langkah berikutnya :

Kampas rem belum bisa dilepas karena ada tuas penguncinya. Lakukan hal berikut :
  • Ambil tang lancip, lepas kedua klipnya dengan ditarik.
  • Setelah kedua klip sudah dilepas lanjut lepas tuas pengunci kampas remnya.
  • Kampas sudah bisa dilepas
Selanjutnya cek kondisi ketebalan kampas rem jika ketebalan menyisakan kira-kira 1mm saja maka ganti baru dan jika masih tebal cukup dibersihkan dengan cara diamplas sampai kelihatan bersih permukaan kampas remnya.

Jangan lupa bersihkan juga bagian dalam kaliper, cukup bersihkan dengan kuas sampai bersih agar kampas rem tidak cepat bunyi lagi dan piringan juga awet. 

Jika sudah bersih selanjutnya proses pemasangan kembali.
  • Pasangkan kedua kampas rem di kaliper.
  • Selanjutnya pasangkan tuas pengunci kampas rem.
  • Pasang kedua klip di tuas pengunci kampas rem.
  • Kampas rem dan klip sudah terpasang, kaliper siap dipasang ke kaki sokbreker.
Jika kaliper sudah terpasang lanjut pasang kedua baut kembang kemudian kencangkan kedua bautnya kearah kanan jika kurang yakin bisa dikencangkan kembali dengan cara kunci L bintang disambung dengan kunci T agar torsi pengencangan jadi lebih besar. 

Jika semua sudah kencang, tarik-tarik tuas rem di kaliper sampai terasa padat. Nah mudah kan Bro..O iya ini ada info juga terkait soal pengereman motor ada produk yang sangat rekomended dari TDR.

Disc Rotor TDR dipadukan dengan Brake Hose dari TDR Parts akan memaksimalkan pengereman motor kamu Bro

Dengan Multilayered Hose Technology membuat Brake Hose tidak mengembang saat dilakukan rem, menghasilkan pengereman yang lebih efektif. 

Ditunjang dengan Disc Rotor dengan material khusus mampu membuang panas lebih cepat untuk pengereman maksimal dengan pattern yang lebih baik, untuk tampilan sporty. 


No comments:

Post a Comment