JANGAN SALAH PILIH BUSI BRO

Hi Bro, kali ini kita bahas soal busi dari kiriman email Bro kita yang berasal dari Medan , Bro Ferdinand. Bro Ferdinand nanya tentang bagaimana sih sebenernya pemilihan busi yang baik dan faktor apa saja yang hatus kita perhatikan.

Oke Bro, kita kupas yuk arti penting busi. Jadi tidak dapat kita mengelak dan kita pungkiri ( hehehe bahasanya pecah banget yah bro ) busi memegang peran yang sangat penting dalam sebuah dapur pacu kendaraan bermotor. 

Mengapa ? Karena dari busi inilah keluar percikan bunga api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara. Pemilihan busi yang tidak tepat akan berpengaruh pada kualitas pembakaran itu sendiri.



Jenis Busi ada dua Bro, yakni Busi Panas dan Busi Dingin

Busi Panas memiliki kemampuan untuk mempertahankan panas. Sedangkan busi dingin adalah busi yang mampu membuang atau menyalurkan panas lebih banyak.

Untuk membedakan keduanya dapat dilihat pada code yang tertera pada badan busi. Semakin tinggi angka yang tertera maka semakin tinggi pula panas yang dibuang atau di lepaskan (atau yang disebut busi dingin).

Selain itu juga bisa dilihat pada insulator busi. Pada busi dingin memiliki insulator yang relatif pendek sedangkan busi panas memiliki insulator yang lebih panjang.


Jadi untuk memilih busi yang tepat dapat dilakukan dengan memilih tingkat panas busi yang benar. Untuk menentukan tingkat panas busi ada beberapa faktor antara lain :

1. Kondisi Lingkungan
Untuk daerah yang memiliki suhu lingkungan yang rendah seperti di pegunungan akan lebih baik jika menggunakan busi yang memiliki tingkat panas busi yang tinggi. Penggunaan busi yang dingin akan menyebabkan penumpukan karbon atau yang disebut dengan carbon fouling.

2. Kapasitas silinder
Mesin dengan kapasitas silinder diatas 180 cc lebih baik menggunakan busi tipe dingin. Penggunaan busi panas akan menyebabkan gejala pre-ignition dan overheating. Sebaliknya pada mesin yang mempunyai kapasitas silinder dibawah 180 cc bisa menggunakan busi tipe panas.

3. Perbandingan kompresi
Mesin dengan perbandingan kompresi diatas 10,5 direkomendasikan menggunakan busi dingin. Dan dibawah 10,5 bisa menggunakan busi panas. Ini banyak dijumpai pada mesin-mesi yang telah dimodifikasi. Biasanya mereka meningkatkan perbandingan kompresi dengan mengepras kepala silinder. Untuk mengimbanginya mereka akan menggunakan busi dingin sebagai pemicu pembakaran.


Nah gimana Bro sekarang sudah paham kan soal busi, satu lagi Bro busi yang paling tepat pilihan nya adalah produk dari TDR yakni TDR Spark Plug for Injection. 

Dirancang khusus untuk motor injeksi yang mampu menghasilkan pembakaran sempurna dan lebih stabil di semua putaran mesin tanpa resiko kebocoran frekuensi sehingga tidak mengganggu sistem elektronik dan sensor sistem injeksi. 

No comments:

Post a Comment