Hai
Bro and Sis, gw Ryan bikers Surabaya , salah satu pemakai motor skutik, gw mau berbagi
cerita saat service motor skutik gw dan berbincang dengan salah satu
mekaniknya.
Gini
bro and Sis yang pemilik motor skutik, barangkali ada yang pernah
mengalami kejadian roda belakang skutik yang kayak seret atau terasa
berat putarannya. Kira-kira apa ya penyebabnya ?
Setelah
mencoba berbincang dengan mekanik, ternyata Bro penyebabnya, mur
pengunci kampas kopling menempel dengan mangkuk kopling. Jika
dipaksakan, putarannya bisa mengakibatkan kedua bagian itu jadi aus.
Dia
menjelaskan seharusnya ada clearance antara mur dan mangkuk kopling
sehingga mangkuk bisa berputar bebas dan baru bisa mengunci dengan
berkembangnya kampas kopling. Bukan baut pengunci
Jika
mur pengunci tidak kencang, bisa saja mur bergeser ke arah membuka
(di posisi ujung mur itu terdapat mangkuk kopling). Kalau menempel
keras, dikhawatirkan malah membuat roda jadi macet.
Trouble
shooting lainnya menyangkut kampas kopling yang cepat habis akibat
besarnya tenaga dari standarnya. Kondisi seperti ini terjadi pada
motor yang sudah mengalami bore-up esktrem. Sangat dibutuhkan kampas
kopling yang ekstra kuat.
Habisnya
kampas kopling beragam. Tak hanya ketebalan yang jadi patokan, tetapi
panjangnya dari ukuran standar bisa membuat kinerja kopling tidak
sempurna. Tanda-tanda ausnya kampas antara lain selip karena kampas
tidak lagi sempurna mengunci mangkuk kopling. Ini artinya, butuh
putaran mesin yang lebih tinggi untuk bisa memutar roda.
Tanda
kopling aus, selain selip, laju motor tersendat-sendat layaknya
letikan busi di dalam ruang bakar yang dalam kondisi hidup-mati. Kian
parah jika kondisi mangkuk kopling sendiri juga sudah peyang. Untuk
memperbaikinya, kampas kopling harus diganti satu set terdiri dari
tiga buah.
Standar
sepatu kopling baru terhubung ke roda belakang pada 2.000 rpm. Kalau
per loyo, putaran mesin belum sampai segitu, sepatu kopling sudah
terhubung ke roda belakang. Jelasnya, belum sampai 2.000 rpm, roda
belakang sudah berputar duluan.
Bila
mengganti dengan per yang lebih keras, itu bikin roda belakang lebih
telat berputar. Jika
ingin roda belakang berputar lebih responsif pada 1.750 rpm, silakan
ganti per kopling dengan yang lebih lembut.
Nah
itu lebih High Performance dengan Part dari TDR khusus skutik Bro and
Sis..Dijamin deh skutik kalian ngacir, lancar jaya tanpa hambatan,
soalnya gw sudah membuktikan sendiri kualitas dari produk TDR ini..
Percayakan
High Performance Components untuk dongkrak performa matic Anda.
Teflon Pulley, Roller, CVT Spring, dan Weight Clutch dari TDR akan
bekerja sinergi membuat performa motor semakin meningkat, motor Anda
pun semakin gesit di akselerasi dan performa tinggi di putaran top
speed.
No comments:
Post a Comment