Hai Bro, kali ini kita akan bahas soal Piston, ada yang tau gak nih jenis-jenis Piston ?
Nah gini Bro , sebenernya ada
dua macam piston yang kita kenal saat ini, yaitu piston biasa atau
disebut juga Cast Piston dan Forging Piston.
Dari kedua piston ini
secara fungsi sama, akan tetapi perbedaannya adalah terlihat dari
bentuk, cara pembuatan dan material yang digunakan.
Cast piston
banyak digunakan di motor-motor lama, karena pada saat itu teknologi belum terlalu berkembang seperti sekarang. Sedangkan forging piston
saat ini sudah banyak digunakan di motor-motor baru dan untuk
keperluan balap alias motor racing.
Cast
piston atau piston biasa sesuai asal katanya cast yaitu
pembentukannya dari alumunium yang dipanaskan sampai mencair
lalu dituang ke dalam cetakkan, yang dituang secara gravity
mengandalkan gravitasi bumi dalam proses penekanan. Hasil dari
cetakan yang bentuknya belum sempurna ini akan menggunakan alat
bantuan mesin seperti bubut atau CNC untuk menghasilkan piston.
Hal
inilah yang membuat piston menjadi kurang kuat karena system tuangnya
hanya mengandalkan aliran dari alumunium cair yang dimasukkan ke
dalam cetakkan, sehingga masih ada rongga pada badan piston jika
dilihat menggunakan alat seperti kaca pembesar khusus. Maka dari itu
Piston akan dibuat tebal supaya tidak pecah, yang efeknya adalah
membuat putaran mesin menjadi lebih berat.
Berbeda
dengan Piston Forging, yang manggunakan material alumunium padat,
kemudian dipanaskan tetapi tidak sampai mencair lalu dibentuk dengan
cara ditempa atau dipukul seperti membuat pedang. Proses pembuatan
dengan cara dipukul membuat piston forging jadi lebih kuat karena
tidak ada rongga pada badan piston (padat). Sehingga piston cukup
dibuat tipis karena piston ini sudah kuat. Kelebihan lainnya adalah
Piston akan menjadi lebih ringan dan bidang gesek pada permukaan
liner akan lebih sedikit, membuat putaran mesin lebih ringan, lebih
tahan terhadap gesek dan tidak mudah memuai.
Piston
dari TDR Racing bukan hanya menggunakan Forging Piston, tetapi piston
dari TDR Racing ini sudah dilapisi tefflon yang mempunyai fungsi agar
koefisien gesek piston lebih rendah dan fungsi lainnya adalah sebagai
pelumas kering (dry lubricant) yang akan menjaga gesekan antara
piston ke liner lebih minim. Hingga piston tidak mudah macet dan
aus.
Contoh Product Piston TDR antara lain : TDR FORGED PISTON
TDR
Forged Piston telah banyak digunakan untuk kebutuhan motorsport,
dengan beragam keunggulan seperti memiliki bobot lebih ringan
dibanding piston biasa, tahan kompresi tinggi, dan kuat bekerja di
suhu mesin tinggi. Tak hanya untuk balap, TDR Forged Piston bisa
digunakan untuk mesin modifikasi ekstrim yang mencari performa tinggi
dan daya tahan optimal sehingga mesin tetap aman digunakan saat
perjalanan jauh.
No comments:
Post a Comment